Contoh Balasan Membalas Surat Keluhan Barang atau Produk. Dalam acara pembelian suatu produk, penting untuk dicatat bahwa produk yang kita pilih mempunyai kualitas yang baik. Produk dikatakan anggun kalau tidak ada cacat fisik dan tidak rusak. Jika kita menentukan produk dan ada kerusakan pada produk maka kami mempunyai hak untuk mengajukan keluhan atau keluhan kerusakan barang. Keluhan sanggup dilakukan dengan aneka macam cara, salah satunya ialah dengan memakai surat keluhan.
Surat pengaduan ini ditujukan kepada penjual atau agen barang yang rusak, atau tidak sesuai pesanan yang dibentuk oleh konsumen. Surat yang diterima harus dikembalikan ke konsumen biar konsumen merasa diperhatikan dan tidak dirugikan. Surat ini biasanya ditujukan untuk perusahaan yang sanggup berbelanja, atau agen barang-barang ini.
Surat pengaduan diklasifikasikan sebagai surat resmi sehingga kami perlu menciptakan surat dengan tata bahasa resmi yang kami tulis untuk penjual dan akhir kepada pembeli. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dikala menulis akhir untuk keluhan ini ialah penggunaan bahasa resmi / formal, sopan dan jelas.
Surat pengaduan ini ditujukan kepada penjual atau agen barang yang rusak, atau tidak sesuai pesanan yang dibentuk oleh konsumen. Surat yang diterima harus dikembalikan ke konsumen biar konsumen merasa diperhatikan dan tidak dirugikan. Surat ini biasanya ditujukan untuk perusahaan yang sanggup berbelanja, atau agen barang-barang ini.
Surat pengaduan diklasifikasikan sebagai surat resmi sehingga kami perlu menciptakan surat dengan tata bahasa resmi yang kami tulis untuk penjual dan akhir kepada pembeli. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dikala menulis akhir untuk keluhan ini ialah penggunaan bahasa resmi / formal, sopan dan jelas.
Surat akhir untuk keluhan barang atau produk mempunyai beberapa karakteristik termasuk:
Membuat surat ini penting untuk memperhatikan pengaturan dalam surat sebab surat ini resmi. Pengaturan dalam surat ini biasanya mengandung
- Ada ungkapan terima kasih atas pengaduan yang dibuat.
- Ada lisan penyesalan atas insiden itu, sanggup juga ditambahkan alasan yang mendukung
- Ada keputusan untuk menuntaskan problem yang muncul
- Memberikan saran kalau problem muncul di luar tanggung jawab penjual dan mencoba membantu pembeli
- Mencoba meyakinkan pembeli bahwa insiden itu tidak terjadi lagi.
Membuat surat ini penting untuk memperhatikan pengaturan dalam surat sebab surat ini resmi. Pengaturan dalam surat ini biasanya mengandung
- Kepala perusahaan sebagai kop surat
- Lokasi dan tanggal surat itu
- Nomor surat dari perusahaan
- Termasuk perihal surat yang dibuat
- Tambahkan lampiran kalau diperlukan
- Alamat akseptor (orang yang dituju)
- Isi yang termasuk klarifikasi sebelumnya
- Tanda tangan yang memperlihatkan validitas
Contoh Surat Balasan Pengaduan Barang sebab Rusak dalam Pengiriman
PT. Karya MandiriJln. Mawar No. 54SURABAYA===============================================================
Nomor : 4/ADUAN/V/2016 20 Mei 2016
Hal : Penggantian Kerusakan
Lamp : 1 (satu) Lembar Faktur
Kepada
Yth. Pemilik Toko Elektronik Karya
Jln. Lawu No. 45
Kudus, Jawa Tengah
Dengan hormat,
Surat Saudara tertanggal 14 Mei 2016 dengan Nomor: 12/CS/V/34 mengenai perihal pengaduan kerusakan barang/produk, telah kami terima dengan penuh perhatian.
Sehubungan dengan surat Saudara tersebut, kami segera melaksanakan konfirmasi dan pengecekan. Berdasarkan kroscek yang kami lakukan ternyata karyawan kami telah melaksanakan kesalahan dalam proses kemas sehingga mengakibatkan barang pesanan Saudara mengalami kerusakan. Atas insiden tersebut, kami selaku tubuh perjuangan mohon maaf yang sebesar-besarnya dan akan lebih memperhatikan pesanan Saudara biar tidak ada insiden berulang.
Kami akan mengirimkan 5 unit Oven yang gres sebagai bentuk penggantian barang pesanan Saudara yang mengalami kerusakan dan faktur orisinil pesanan atas nama Saudara.
Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT. Karya Mandiri
Mahmud, SE
Manajer Pemasaran
Contoh Surat Balasan Pengaduan Barang sebab Rusak dan penggantian
PT Tirta MandiriJalan Bhayangkara No. 043Gombong, Jawa TengahNomor : 12/BPB/X/2013 18 Oktober 2013
Lamp : 1 (satu) lembar
Kepada
CV Rekayasa
Jalan Kalurang Km. 17
Sleman, Yogyakarta
Hal : Balasan Pengaduan Barang
Dengan hormat,
Surat Saudara yang kami terima tertanggal 13 Okober 2013 dengan Nomor: 11/PKB/X/2013 perihal pengaduan kerusakan barang, telah kami terima dengan penuh perhatian.
Sehubungan dengan surat tersebut, kami segera mengirimkan teknisi untuk memperbaiki Mesin Cuci yang mengalami kerusakan.
Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kerusakan barang tersebut dan kami akan lebih memperhatikan pesanan Saudara selanjutnya biar tidak terjadi insiden serupa.
Kami juga berinisiatif memperlihatkan kepada Saudara, apabila Saudara berkenan menukarkan Mesin Cuci brand “Uchida” dengan brand “Panasonic” yang mutunya lebih baik, namun harganya sedikit lebih tinggi. Untuk memperjelas, kami juga melampirkan brosur produk sebagai informasi.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,
PT Tirta Mandiri
Hartono Raharjo
Manajer Penjualan
referensi surat keluhan pelanggan ke perusahaan
contoh surat keluhan pelanggan ke perusahaan |
referensi surat akhir pengaduan keterlambatan pengiriman barang |
contoh surat akhir pengaduan keterlambatan pengiriman barang |
referensi surat pengaduan barang rusak
contoh surat pengaduan barang rusak |
referensi surat akhir komplain harga mahal
contoh surat akhir komplain harga mahal |
referensi surat akhir komplain harga mahal
contoh surat akhir komplain harga mahal |
Demikian artikel tentang Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk semoga bermanfaat, terima kasih
Buat lebih berguna, kongsi: