Pengertian Birokrasi
Secara etimologis, birokrasi berasal berasal dari kata “Biro” yang bermakna meja dan “Kratein” yang bermakna pemerintahan. Jika digabungkan maka miliki makna Meja Pemerintahan.Meurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara etimologi birokrasi didefinisikan sebagai sistem pemerintahan yang ditunaikan oleh pegawai pemerintah dikarenakan udah berpegang terhadap hierarki dan jenjang jabatan.
Menurut Wikipedia, Birokrasi berasal berasal dari kata bureaucracy yang diartikan sebagai suatu organisasi yang miliki rantai komando bersama wujud piramida, di mana lebih banyak orang berada ditingkat bawah daripada tingkat atas, biasanya ditemui terhadap forum yang sifatnya sipil maupun militer.
Menurut Michael G. Roskin, et al., Pengertian Birokrasi yakni tiap tiap organisasi besar yang terdiri atas para pejabat yang diangkat, yang mana manfaat utamanya yakni untuk melakukan atau mengimplementasikan (to implement) kebijakan-kebijakan yang udah diputuskan atau diambil oleh para pengambil keputusan (decision makers). Dengan kata lain, birokrasi yakni struktur yang terorganisir atau sistem rasional yang dirancang sedemikian rupa bentuknya semoga sangat mungkin terlaksananya kebijakan publik yang efisien dan efisien.
Birokrasi ditunaikan oleh serangkaian mekanisme atau ketentuan yang berbentuk tetap. Adapun rantai komandonya berbentuk hirarki kewenangan yang mana berlangsung atau mengalir berasal dari atas ke bawah.
Birokrasi disebut juga sebagai tubuh yang menyelenggarakan service public (Civil Service). Birokrasi terdiri berasal dari individu yang diangkat administrator dan posisi mereka tetap tiba dan pergi. Artinya, individu tersebut duduk di dalam birokrasi dikarenakan dipertahankan menurut prestasi kerjanya dan sering kadang mereka dikeluarkan dikarenakan prestasi kerjanya diakui kurang.
Ciri-Ciri Birokrasi
Menurut Max Weber, ciri-ciri birokrasi diantaranya yaitu:- Jabatan administratif yang terorganisasi/tersusun secara hierarkis.
- Setiap jabatan miliki wilayah kompetensinya sendiri.
- Pegawai negeri ditentukan, tidak dipilih, menurut terhadap kualifikasi tehnik yang ditunjukan bersama ijazah atau ujian.
- Pegawai negeri terima honor tetap sesuai bersama pangkat atau kedudukannya.
- Pekerjaan merupakan karier yang terbatas, atau terhadap pokoknya, pekerjaannya sebagai pegawai negeri.
- Para pejabat tidak miliki kantor sendiri.
- Para pejabat sebagai subjek untuk mengontrol dan mendisiplinkan.
- Promosi didasarkan terhadap pertimbangan kemampuan yang melebihi rata-rata.
Karakteristik Birokrasi
Menurut Max Weber, karakteristik yang ideal berasal dari birokrasi yaitu:- Kerja yang ketat terhadap ketentuan (rule)
- Tugas yang khusus(spesialisasi)
- Kaku dan sederhana(zakelijk)
- Penyelenggaraan yang resmi(formal)
- Pengaturan berasal dari atas ke bawah(heirarchi)
- Berdasarkan logika(rational)
- Tersentralistis(otorithy)
- Taat dan patuh(obedience)
- Disiplin(dicipline)
- Terstruktur(sistematic)
- Tanpa pandang bulu(impersonal).
Jenis-Jenis Birokrasi Negara
Menurut ideal typhus Amerika Serikat bisa diketahui tipe-tipe birokrasi negara yang bisa dimanfaatkan sebagai pemisahan tipe birokrasi. Dengan paham Ideal typhus ini bisa bandingkan bersama birokrasi yang ada di Indonesia. Di Amerika Serikat, terkandung 4 (empat) tipe birokrasi diantaranya yaitu:
Departemen-Departemen di Dalam Kabinet (The Cabinet Departments)
Dalam birokrasi terdiri atas sebagian forum birokrasi yang dibedakan menurut tugasnya. Seperti departemen pertahanan, departemen pendidikan, departemen kesejukan dan departemen lain yang miliki kiprah untuk menjalankan kebijakan yang udah ditetapkan oleh forum administrator dan yudikatif.
Agen-Agen Federal (Federal Agencies)
Agen-agen federal merupakan kata lain berasal dari kepanjangan tangan atau asisten berasal dari forum kepresidenan. Agen ini dibuat didasarkan atas pilihan presiden yang tengah memerintah terhadap selagi itu. Contohnya NASA dan FBI (Federal Bureau Investigation). Sedangkan di Indonesia misalnya layaknya Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Badan Tenaga Atom Nasional (Batan).
Perusahaan-Perusahaan Federal Milik Federal (Federal Corporation)
Jenis birokrasi ini merupakan birokrasi yang menggabungkan pada forum pemerintah sekaligus forum bisnis. Contoh di Indonesia yakni BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Garuda Indonesia Airways (GIA), Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA), Bank Mandiri dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).
Agen-Agen Pengaturan Independen (Independent Regulatory Agencies).
Agen-agen pengaturan bangun sendiri merupakan birokrasi yang didirikan untuk kebutuhan dalam penyelenggaraan regulasi ekonomi terhadap dunia bisnis. Contoh birokrasi ini di Indonesia yakni Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) , Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dan lain sebagainya.
Peran Birokrasi dalam Pemerintahan Modern
Menurut Michael G. Roskin, et al., birokrasi miliki peranan-peranan perlu dalam suatu pemerintahan modern. Adapun kiprah birokrasi dalam pemerintahan moderen diantaranya yaitu:
Administrasi
Peran manajemen pemerintahan moderen mencakup kesibukan administrasi, pengaturan, pelayanan, perizinan, dan pengumpul informasi.
Pelayanan
Birokrasi dimaksudkan untuk melayani penduduk atau kelompok-kelompok tertentu. Contoh di Indonesia yakni Badan Metereologi dan Geofisika (BMG).
Pengaturan (Regulation)
Peran pengaturan berasal dari birokrasi yakni dirancang untuk mengimbuhkan kesejahteraan masyarakat.
Pengumpul Informasi (Information Gathering)
Badan birokrasi dijadikan ujung tombak pelaksanaan akal suatu negara untuk menyediakan knowledge yang terjalin bersama akal terhadap sejumlah pelanggaran atau kepentingan dalam menimbulkan kebijakan gres menurut situasi faktual.
Menurut Andrew Heywood, kiprah birokrasi diantaranya yaitu:
- Pelaksanaan Administrasi
- Nasehat Kebijakan (Policy Advice)
- Artikulasi Kepentingan
- Stabilitas Politik
Buat lebih berguna, kongsi: